Minggu, 24 Februari 2013

Trik mengemudi mobil manual saat tanjakan



Berikut ini trik atau cara mengemudikan mobil atau nyopir mobil di jalan tanjakan:

·         Kemudikan mobil dengan gigi persneling 2-3 sesuai dengan kecepatan dan tingginya tanjakan yang ditempuh.
·         Jika mengharuskan kita untuk berhenti, maka cara berhenti di jalan tanjakan dapat kita gunakan berbagai cara. Ada 3 (tiga) teknik atau cara berhenti di tanjakan yang sering digunakan, yaitu: Berhenti dengan rem tangan, berhenti dengan rem kaki, berhenti dengan setengah kopling/kombinasi antara gas dan kopling.
·         Berhenti dengan Rem Tangan: teknik ini merupakan cara yang aman jika berhenti di tanjakan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama. Caranya: Injak Pedal Rem Kaki dan Pedal Kopling untuk menghentikan mobil, selanjutnya amankan mobil dengan menarik/mengangkat tuas Rem Tangan dan pindahkan persneling ke gigi netral. Jika akan berjalan kembali, pindahkan persneling ke gigi 1 (satu), tekan pedal gas, lepas kopling sampai terasa mobil sedikit bergetar, dan lepas/turunkan rem tangan pelan-pelan, jika sudah berjalan bantu dengan menginjak gas lebih dalam. Maka mobil akan melaju pelan-pelan tanpa mundur sedikitpun. Jika mobil mundur, berarti pedal kopling kurang diangkat/lepas dan pedal gas kurang diinjak.
·         Berhenti dengan Rem Kaki: Caranya adalah dengan menghentikan mobil sebentar, yaitu injak pedal kopling dan pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Selanjutnya jika ingin berjalan kembali: lepas atau angkat  pedal kopling sedikit sampai terasa mobil sedikit bergetar (yang menandakan tenaga disalurkan ke gigi). Kemudian lepas rem kaki pelan-pelan dan setelah berjalan sedikit, bantu dengan menginjak gas. Bagus untuk tanjakan yang kurang tinggi dan berhenti sebentar.
·         Berhenti dengan Setengah Kopling (½ kopling)/Kombinasi  Gas dan Kopling: yaitu, jika situasi jalan mengharuskan kita untuk berhenti dalam waktu yang cukup singkat dan di tanjakan yang kurang tinggi. Caranya: hentikan laju kendaraan dengan menginjak pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil berhenti. Jika ingin melanjutkan kembali perjalanan, maka lepas atau angkat pedal kopling pelan-pelan, selanjutnya bantu dengan menginjak  pedal gas. Teknik ini memang dapat memboroskan bahan bakar (BBM) dan cepat merusak kanvas kopling, namun tidak ada salahnya jika ingin digunakan.
·         Dalam kombinasi antara kopling dan gas harus diatur atau sesuaikan antara kedalaman gas dan kopling, semakin dalam gas maka penginjakkan kopling akan semakin dalam begitu pun sebaliknya. Jika mesin terdengar meraung keras berarti kombinasinya belum seimbang, hal ini dapat diatasi dengan mengurangi penekanan pada kopling atau mengurangi penekanan pada gas dan menambah penekanan pada kopling.

Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol

  1. Pasang tali / sabuk pengaman
  2. Putar kunci untuk menghidupkan mesin
  3. Hidupkan AC
  4. Turunkan Rem Tangan
  5. Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
  6. Angkat kopling pelan2
  7. sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak
  1. Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi
  2. Angkat kopling pelan2, Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur, Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)
  1. Injak kopling habis
  2. Angkat gas
  3. Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
  4. Angkat kopling pelan2
  5. Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
  6. Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja
  1. Angkat gas, tempel pedal rem
  2. Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
  3. Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai kopling atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
  4. jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
  5. Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2
  1. Injak kopling habis
  2. Angkat gas
  3. Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
  4. Tempel gas
  5. Angkat kaki dari kopling pelan2
  1. Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
  2. Injak kopling habis
  3. Pindahkan gigi ke gigi 0
  4. Angkat rem tangan
  1. Injak kopling habis
  2. Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
  3. Pindahkan gigi ke gigi 1
  4. Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
  5.  
  1. Injak kopling habis
  2. Tempelkan kaki di rem
  3. Pindahkan gigi ke gigi 1
  4. Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
  5. Tempel kaki di gas. Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem). Jalankan mobil merayap:  Angkat kopling sekuku. Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap
Menyebrang posisi menanjak
1.       Ganti gigi 1 ke gigi 2 dengan ijnak kopling habis dan sambil rem pelan2/ biarkan mobil berjalan(dalam keadan pelan
2.       Rem sampai ber henti di depan pinggir trotoar trdpt jalan untuk menyebrang
3.       Posisi persneling di gigi 1, kopling abiz,
4.       Ketika hendak menyebrang , angkat kopling sampai teerasa mobil bergetar ,lepas rem biarkan mobil berjalan dng kopling
5.       Jika keadaan jalan ramai , injak rem dan pertahankan pedal kopling pada posisi semula atau injak sedikit dari posisi semula
6.       Teruskan posisi tersebut samapai keadaan sudah menyebrang jalan
Melewati gang gang
1.       Jika terdapat jalan yang sempit dan terdapat batas acuan atau patokan jalan terdapat pada spion mobil kanan maupun kiri
2.       Sebelum berbelok ke arah gang yang kan di tuju, jika gang sempit namun jalan di depan gang besar terlebih dahulu di belokan ke arah berlawanan contoh jika berbelok ke kanan maka terlebih dahulu setir di belokan ke kiri  dan kira2 dalam jarak berbelok mencukupi atau tidak
Memarkirkan Mobil
1.       Posisikan persneling pada gigi R / mundur
2.       Ijak pedal kopling habis dan lepas perlahan lahan sampai mobil mundur (tanpa gas dan kaki sebelah kanan memegang REM
3.       Posisi mobil di dekatkan pada sisi kanan atau kiri bag luar pada celah yang di peruntukan untuk parkir
4.       Putar stir kemudi dulu sebelum lepas pedal kopling
Hendak berbelok patokanya adlah gang terlebih dahulumelewati spion/ 1/2 dari bodi mobil
Melewati mobil yang berhenti di depan
1.       Injak Rem ,sampai berhenti kemudian injak pedal kopling habis dan pidah gigi rendah (gigi 1)
2.       Jaga jarak terhadap mobil yang akan di lewati agar tidak memutar Stir terlalu banyak
 by:my brother(Hendy P)

4 komentar:

  1. singkat, padat,mantap dan jelas buat yg mau blajar nyetir.makasih ya...

    BalasHapus
  2. thx bgett bro,simple dan detail banget,cocok buat orang yang baru belajar nih

    BalasHapus
  3. jooosss... tp klo pas nyetir mkir kya gini lama juga ya... ckck..
    kya ngapalin ap aj...

    BalasHapus
  4. Sederhana blognya...
    Mantapbs isinya...
    Terima kasih artikelnya... Sangat membantu.
    sanggarmodel.blogspot.com

    BalasHapus